Info

SELAMAT DATANG

Selamat datang di Coretan Dekorresley - saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda sering datang kembali. Silakan Berlama - Lama di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel dunia teknik. Ada banyak hal tentang kami, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang menarik

Sekilas Tentang Dekorresley

Nama saya Dekorresley, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...

-=IKRFM=-

Original design by: Dekorresley™

Kamis, 20 Oktober 2011

Software Layout PCB

dip12-pcb-layoutNovarm Diptrace 1.5 ada yang versi freeware-nya, jadi bisa digunakan untuk membantu membuat PCB, bisa digunakan membuat PCB rumahan, bukan yang profesional dengan mesin, perlu sedikit modifikasi, jangan pakai nilai-nilai defaultnya, karena biasanya trace width (jalur) dan pad (tempat kaki komponen) kecil-kecil dan tipis, sehingga kalau dibuat dengan cara rumahan atau amatiran, maka jalur mudah putus atau pad terlalu kecil atau hilang tembaganya ketika di bor. Diptrace bisa membuat skematik langsung ke PCB, atau membuat langsung di PCB-nya. Skematik Diptrace agak kasar dibanding dengan Orcad, Eagle atau Isis, tetapi lumayan lah dan PCB-nya cukup baik dan sederhana. Berikut contoh-contoh membuat PCB untuk sistem minimum mikrokontroler AT89S2051.Anda bisa tanya mbah Google dimana bisa download Diptrace versi Freewarenya. Diptrace memiliki library komponen-komponen elektronika demikian juga yang PCB juga memiliki library tata letak kaki komponen. Gambar 1 adalah skematik yang dibuat dengan program Schematic Diptrace, sistem minimum AT89S2051, selanjutnya anda bisa Convert to PCB layout, tetapi letak komponen amburadul, Gambar 2, anda harus geser secara manual dengan men-drag, karena kalau dibuat automatic, tata letak mencari seminimum mungkin PCB, nah kalau tak masalah ya silahkan, tetapi ini LED-LED harus ditaruh berjejer, jadi manual saja. Dalam proses peletakan kembali komponen, kalau anda berencana pakai soket IC, jangan pernah meletakan komponen yang tingginya melebihi tinggi IC+soket, sangat dekat dimuka atau dibelakangnya IC tersebut, karena nanti anda akan kesulitan mengambil atau memasang kembali IC tersebut karena terhalang komponen. Anda juga bisa tambah pad, atau menambah jalur dengan tinggal menghubungkan pad-pad nya, klik sana klik sini untuk buat jalur, gambar 3 sudah diatur manual.
1. Skematik sistem minimum AT89S2051
1. Skematik sistem minimum AT89S2051
2. Layout auto place PCB
2. Layout auto place PCB
3. Penataan ulang
3. Penataan ulang
Selanjutnya yang harus anda perhatikan pada pembuatan PCB dengan cara ini adalah;
  • Componen placement side, letaknya komponen dimana?, biasanya sih Top, atau atas, sisi komponen, tetapi kan ada komponen yang ditaruh di jalur PCB, yaitu pada PCB modern, tipe SMD.
  • Current layer, pada top atau bottom, yaitu yang anda edit disisi komponen atau pcb, perhatian; bahwa kita selalu memandang dari atas sisi komponen, meskipun kita sedang dalam layer atau edit di sisi PCB.
  • Current shape and Text, lha ini ada banyak, anda mau taruh gambar, text atau shape (lingkaran, segi empat dsb.), di sisi PCB, Top silk, wah masih banyak lagi, ini untuk PCB yang komplek, kali, kalau yang sederhana, biasanya taruh tulisan di PCB-nya saja sudah cukup.
  • Carilah menu grid router setup (gambar 5), number of layer, ya pilih mau double side (2) atau single (1), kalau single, apakah diperbolehkan buat jumper, sebaiknya ya (dicentang).
  • Carilah menu Route Setup (gambar 6), disini bisa diubah, lebar jalur (trace width), trace clearance (daerah bebas sekitar jalur) dan clearance pad (daerah bebas sekitar pad), semakin kecil nilainya, semakin mudah membuat route, tetapi semakin susah membuat PCB, karena jalur-jalur yang kecil, tembaga mudah larut. Perlu diketahui bahwa jarak antara kaki-kaki IC yang DIP (umum dipasaran) adalah 0.1 inchi, jadi lebar jalur 0.02 adalah seperlima-nya, memungkinkan jalur bisa melewati antar kaki-kaki IC, sebaiknya untuk jalur power supply + atau ground dibuat besar, minimum 0.05 inchi.
  • Selanjutnya cari menu autoroute, akan didapat seperti gambar 7.
4. Menu Diptrace
4. Menu Diptrace
5. Grid Router Setup
5. Grid Router Setup
6. Router Setup
6. Router Setup
7. Hasil autoroute dan penambahan Tex
7. Hasil autoroute dan penambahan Text
  • Ketika anda taruh text, mau dimana, tergantung taruhnya dilayer mana, sederhana-nya di PCB saja, biar nanti ikut di etching, nah ketika anda taruh text atau shape, program akan membalik (mirroring), text anda, kalau taruh di PCB bottom, karena program melihat dari sisi atas komponen, nah kalau anda mau membuat PCB dengan kertas transfer seperti yang ada dalam postingan lain web ini, maka tulisan atau text tidak dibalik, seperti pada gambar 7, taruh text pada layer Board cutout.
  • Selanjutnya anda bisa edit jalur dan pad nya, dengan memilih object properties dengan menu klik kanan mouse pada objek yang dipilih, lebar jalur 0.02 inchi cukup kecil, tapi masih bisa dibuat, tidak luntur kena FeCl3, bisa juga merubah jalur-nya.
  • Yang penting adalah pad properties, karena bulatan atau kotak pad harga default terlalu kecil untuk dibuat PCB dengan cara rumahan, jadi anda harus merubah lebar dan tinggi pad, dengan cara klik kanan objek terpilih - pad properties - ubahlah besarnya diameter atau ukuran pad, seperti yang ditunjukan pada gambar 8, ubahlah untuk lebar dan tinggi pad, diperbesar, contohnya adalah dari 0.022 ke 0.075 inchi untuk resistor, untuk IC lebar dan tinggi tidak sama, jadi bentuknya oval. Bentuk pad bisa oval, bulat dan kotak. Setelah anda rubah, nanti akan terlihat lebih tebal
9. Pad Properties
8. Pad Properties
  • Setelah anda merubah besar pad dan lebar jalur, anda bisa melaukukan Re-route, kemungkinan jalurnya berubah, atau ada yang tidak dapat diselesaikan jalurnya, atau ada warning atau peringatan (lingkaran merah) bahwa jalur melewati daerah berbahaya, karena berdekatan atau melampaui daerah bebasnya objek yang didekatnya (melampaui clearance area).
  • Ketika anda mau print, sebaiknya preview dahulu, bagian atas atau bawah yang mau di print, tinggal pilih, nah yang penting bahwa anda perlu balik (mirror) atau tidak, tergantung dari cara anda membuat PCB. Jika membuat PCB dengan kertas transfer, maka anda harus membalik PCB, sehingga tulisan tampak terbalik. Untuk patokannya, jika ada IC AT89S2051, pin 10 adalah ground, kaki no 10 adalah disebelah sisi kiri IC bagian paling bawah.
  • Cooper Pour adalah memblok bagian kosong PCB dengan pola (bermacam pola, block, raster dsb.), ini dimasudkan agar bagian tembaga yang larut ketika di etching sesedikit mungkin, selanjutnya, daerah ini biasanya dihubungkan dengan ground. Untuk pembuatan PCB untuk keperluan rangkaian yang bekerja di frekuensi tinggi, sebaiknya tidak melakukan pouring, dan gunakan PCB dengan bahan Epoxy glass. Klik icon cooper pour, pilih pola, buat daerah mana yang akan di pouring, klik-klik -end, jadilah seperti gambar 9.
9. Cooper Pouring
9. Cooper Pouring
10. PCB jadi
10. PCB jadi
11. Hasil Autoroute yang perlu disempurnakan
11. Hasil Autoroute yang perlu disempurnakan
Gambar 11, ada ketidak sempurnaan program Autotrace, atau mungkin harus seting ulang, dengan cara uji coba berbagai variasi parameter;
  • A : tidak ada halangan kok, perlu jumper?.
  • B : koneksi yang tidak terselesaikan.
  • C: seharusnya dapat diminimisasi jumlah jumpernya.
  • D: yang di jumper satu saja yang horisontal, tak ada fasilitas jumper vertikal dan horisontal (both)
(-eof-)

Artikel Lainnya




0 komentar:

Posting Komentar

IKRFM Tangerang © 2011. Sponsored by: Dekorresley™ .