Info

SELAMAT DATANG

Selamat datang di Coretan Dekorresley - saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda sering datang kembali. Silakan Berlama - Lama di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel dunia teknik. Ada banyak hal tentang kami, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang menarik

Sekilas Tentang Dekorresley

Nama saya Dekorresley, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...

-=IKRFM=-

Original design by: Dekorresley™

Selasa, 25 Oktober 2011

PLL Synthesizer with PIC16F84

Berikut ini adalah rangkaian PLL FM Synthesizer yang menggunakan komponen utama IC SA1057 dan PIC16F84. Frekuensi kerjanya dapat diatur melalui saklar Dip (DIP-8). PLL Synthesizer ini juga memerlukan resistor 100K dan dioda varicap seperti MV2105 atau MV2109 untuk mengendalikan frekuensi osilator (VCO)suatu pemancar radio FM. Untuk rangkaian Pemancarnya tidak dibahas disini.

Fitur

  • Power supply: 8-15 V stabil, 40 mA
  • Rentang frekuensi: 82,5-108 MHz
  • Jangkah Frekuensi: 100 kHz
  • RF tegangan input range: 10-500 mV
  • RF impedansi masukan: 135 ohm

PLL Synthesizer Diagram skematis


PLL FM Synthesizer Schematic

Pin:
1 - tegangan Tuning (output)
3 - RF sinyal dari osilator (input)
2, 4 - Ground
T 1 - Reset

Download: Daftar Komponen - Frekuensi PLL DIP Switch - User Program

Software untuk IC2:  

Petunjuk
Tombol T1 untuk reset. Tekan setelah mengatur frekuensi. Unit ini menyediakan reset power-up, sehingga kita tidak perlu menggunakan tombol.
LED D1 menunjukkan siklus tuning yang dilakukan LED akan menyala jika frekuensi VCO sudah Lock sesuai Frekuensi yang diinginkan.
Resistor R8 berfungsi sebagai LPF (low pass filter) memberikan tegangan minimal sekitar 2 Volt pada output PLL. Gunakan resistor R8 ini jika osilator pemancar tidak berfungsi yaitu jika tegangan tunning di bawah nilai 2 Volt (terutama setelah penyetelan frekuensi kerja naik).

Catatan
Output dari PLL tidak boleh langsung dibebani dengan kapasitas besar (lebih dari sekitar 0,3 uF). Loop PLL menjadi tidak stabil.

PLL FM Synthesizer Comp Layout

PCB PLL FM Synthesizer

Artikel Lainnya




0 komentar:

Posting Komentar

IKRFM Tangerang © 2011. Sponsored by: Dekorresley™ .