Info

SELAMAT DATANG

Selamat datang di Coretan Dekorresley - saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda sering datang kembali. Silakan Berlama - Lama di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel dunia teknik. Ada banyak hal tentang kami, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang menarik

Sekilas Tentang Dekorresley

Nama saya Dekorresley, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...

-=IKRFM=-

Original design by: Dekorresley™

Rabu, 17 Agustus 2011

Penguat sinyal booster untuk radio penerima FM

Bagaimana jika anda sudah memasang antena luar tapi sinyal dari stasiun pemancar radio FM yang kita ingin dengar siarannya masih kurang jelas dan banyak noise? Antena mempunyai keterbatasan dalam menangkap sinyal, untuk itu perlu adanya alat tambahan yaitu penguat sinyal atau booster untuk menyempurnakan penerimaan sinyal dari antena. Dengan menambah antena dengan booster maka dapat meningkatkan jarak tangkap sinyal antena tersebut.
Penggunaan antena yang kurang tepat semisal menggunakan antena sederhana dengan penguatan antena yang rendah pada daerah yang lemah sinyalnya akan mengakibatkan  penerimaan menjadi buruk. Penggunaan antena dengan penguatan rendah bisa juga ditingkatkan dengan menambah booster sehingga antena tersebut dapat berperilaku seperti antena khusus untuk  daerah dengan sinyal lemah atau jauh dari stasiun pemancar karena antena ini mempunyai penguatan yang cukup tinggi.
Berikut ini akan disampaikan beberapa tipe dari rangkaian booster untuk penerima FM, booster ini dirangkai dengan menggunakan komponen-komponen yang mudah didapat, biaya pembuatan yang murah serta mudah, tetapi tetap dapat menghasilkan sinyal yang berkualitas.
  1. FM antenna DIY with booster Version 1. merupakan antenna FM aktif indoor yang mudah dibuat tapi berkualitas.artikelnya bisa dilihat dengan klik DISINI.
  2. FM antenna DIY with booster Version 2. artikelnya bisa dilihat dengan klik DISINI.
  3. Booster FM dengan satu transistor. Untuk semua komponen resistor yang ada dalam rangkaian-rangkaian yang disajikan  menggunakan ukuran ¼ Watt. Yang disajikan ini adalah rangkaian berbiaya murah untuk booster FM yang dapat digunakan untuk mendengarkan program siaran dari stasiun-stasiun FM pada jarak yang cukup jauh dengan jelas. Rangkaian ini didasarkan pada sebuah prapenguat transistor RF untuk jalur VHF/UHF yaitu type 2SC2570. (biasanya hanya tertulis C2570 pada body transistor). Rakitlah rangkaian ini pada PCB yang berkualitas. PCB untuk rangkaian ini tidak dijual bebas, untuk itu bisa dibuat sendiri atau menggunakan veroboard. Aturlah input/output trimmer (VC1/VC2) untuk penguatan maksimum (gain maximum). Jika anda kesulitan untuk mendapatkan nilai trimmer yang sesuai anda bisa menggantinya dengan kapasitor tetap yang nilainya bervariasi dari 15 sampai 40 pf. anda bisa mengubah-ubah nilai kapasitor tetap tersebut sampai didapat penguatan yang paling maksimal.lilitan 1 (L1) mempunyai 4 tab dililit dengan menggunakan kawat email jenis 20SWG dengan diameter lilitan 5 mm. 1 tab dari ground dibuat cabang yang dihubungkan dengan input. Untuk lilitan 2 (L2) dengan spesifikasi sama dengan L1 tetapi dibuat hanya 3 tab. Untuk keseluruhan konfigurasi dan pin transistor bisa dilihat lebih jelas pada gambar. Khusus transistor apabila anda kesulitan untuk mendapatkan transistor type 2SC2570, anda dapat menggantinya dengan tipe lain yang kompatibel yaitu antara lain: 2SC2498, 2N5179, SK9139, NTE10. transistor-transistor tersebut berjenis NPN untuk penggunaan di jalur VHF/UHF.

(klik gambar untuk memperbesar/ zoom rangkaian)
———-00———

Artikel Lainnya




1 komentar:

Posting Komentar

IKRFM Tangerang © 2011. Sponsored by: Dekorresley™ .